Desain Rumah Tipe 45

Desain Rumah tipe 45 merupakan hunian yang tergolong berukuran cukup mungil. Rumah ini biasanya dibangun di atas lahan dengan luas 8×15 meter persegi. Desain yang paling sesuai untuk ukuran ini adalah rumah minimalis modern, tetapi tidak tertutup kemungkinan untuk menerapkan model lain, tergantung juga kepada selera sang pemilik rumah dalam memilih model rumah untuk tipe 45. Terutama untuk para pasangan muda yang baru menikah atau yang masih baru memiliki keluarga kecil, membangun atau memilih rumah tipe 45 adalah hal yang sangat efisien selain ukuran rumah yang tidak terlalu besar sehingga mudah di kontrol dalam perawatan dan lainnya, juga memadai bagi yang memiliki banyak pertimbangan finansial.
Rumah tipe 45 adalah tipe rumah mungil ketiga yang mungkin sering kita temui setelah rumah tipe 21 dan tipe 36. Mungkin ada pula tipe rumah 28, 29 dan 30, namun tipe yang mungkin banyak kita temui adalah tipe 21, tipe 36 dan tipe 45. Dan sebagaimana yang telah kita bahas di ulasan sebelumnya, rumah dengan type 45 adalah rumah yang luas bangunannya 45m2. Jika kita melihat brosur-brosur perumahan, di situ biasany akan tertulis Dijual rumah type 45/90 atau rumah tipe 45/100 dan sebagainya. Angka pertama menunjukkan luas bangunan dan angka yang kedua menunjukkan luas lahan atau luas tanah.
Karena bangunanya lebih luas dibandingkan dengan rumah tipe 36, sehingga penempatan kamar-kamar dan posisinya pun menjadi lebih lega dibandingkan dengan type rumah yang lebih kecil (misalnya tipe 36).

Desain Rumah Tipe 45 yang ideal

Desain Rumah Tipe 45 ini memang termasuk kecil, akan tetapi dengan sedikit kreasi dan pemanfaatan ruang serta pemilihan material yang benar, pemilik rumah bisa menjadikannya rumah sehat yang ramah lingkungan dengan membuat lubang cahaya di atap (skylight), jendela besar, dan ventilasi yang memadai. Dengan demikian, cahaya matahari dan udara bisa masuk dengan leluasa ke dalam rumah juga membuat rumah lebih berhawa dingin dengan jendela yang berukuran besar dan bisa jadi dengan memperbanyak ventilasi pun anda bisa meminimalisir pemakaian pendingin ruangan yang secara otomatis anda mengemat anggaran bulanan anda. Namun pada sisi lain, justru dengan membangun rumah yang tidak terlalu besar seperti ini, anda akan mendapatkan sebuah nuansa kedekatan antara anggota keluarga satu sama lainnya yang mungkin tidak didapatkan oleh orang-orang yang memiliki rumah dengan ukuran super besar.
Desain rumah mungil type 45 biasanya terdiri atas 2 kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, beranda yang juga berfungsi sebagai tempat menerima tamu, dapur, dan taman (depan dan belakang). Jika anda memiliki lahan/kavling dikawasan perumahan, desain rumah ini dapat anda kembangkan lagi dalam bentuk layout baru yang tentu sesuai dan mengakomodasi kebutuhan anda dan keluarga.
Perkiraan biaya untuk membangun rumah tipe45 kurang lebih  sebesar: 1,5 juta/m2 dan estimasi biaya produksi total untuk rumah seluas 45 m2 adalah sebesar: 70 juta rupiah. Tentunya perkiraan/taksiran biayanya harus disesuaikan dengan upah pekerja dan harga material dikota anda, dan biaya diatas tidak termasuk harga tanah (hanya harga/biaya produksi rumahnya saja).
Desain rumah tipe 45 ini sangatlah mudah untuk perawatan dan menyenangkan untuk didekorasi sesuai dengan keinginan. Karena ukurannya yang tergolong kecil, maka bukanlah hal sulit untuk mendekorasinya. Apabila tersedia sisa lahan di halaman depan atau belakang rumah, bisa disulap menjadi taman yang hijau asri, supaya rumah tidak sumpek dan menjadi tempat rekreasi penghuni rumah. Sangat mengasyikkan bukan bisa memiliki rumah mungil tapi tidak sumpek dan membosankan melainkan asri, sehat, dan nyaman untuk dihuni. Jika kebutuhan ruangan meningkat, rumah tipe 45 bisa dikembangkan menjadi rumah tingkat 2 atau 3 lantai yang tetap mengutamakan unsur kesehatan melalui sirkulasi udara dan cahaya matahari dengan membuat lebih banyak ventilasi, semua yang dibutuhkan adalah kita sendiri sebagai si pintar dalam memanfaatkan ruang terutama untuk rumah mungil. Kita bisa memanfatkan ruang dengan cara menggunakan 1 ruang dengan 2-3 fungsi berbeda sehingga kita tidak membutuhkan begitu banyak ruang untuk aktivitas berbeda.
Banyak cara untuk meng-akali rumah yang tergolong mungil ini mulai dari pemanfaatan ruang, dan berbagai trik lainnya yang anda bisa terapkan untuk memberi kesan asri, luas dan nyaman pada Desain Rumah tipe 45 ini.