Desain Rumah Tipe 36


Desain Rumah Tipe 36 adalah sebuah desain rumah rancangan tataletak rumah yang memiliki ukuran bangunan seluas 36 meter persegi. Sebenarnya tidak mutlak ukuran pasti bangunan yang dibuat adalah 36 meter persegi. Namun untuk lebih memudahkan di dalam pengelompokkan, dibagi atas beberapa type rumah, seperti dari yang terkecil adalah rumah type 21 kemudian type 36 dan seterusnya. Saat Anda melihat brosur maupun rumah type 36, pasti akan terlihat ukuran dari luas bangunan serta luas tanahnya. Jika tertulis seperti 36/90, artinya type rumah ini adalah type 36 dengan luas tanah sebesar 90 meter persegi.  Atau jika tertulis 36/72 berarti luas bangunan adalah type 36 dengan luas tanah sebesar 72 meter persegi.
Desain rumah mungil type 36 ini biasanya terdiri atas 2 kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, beranda yang juga berfungsi sebagai tempat menerima tamu, dapur, dan taman (depan dan belakang). Jika anda memiliki lahan/kavling dikawasan perumahan, desain rumah ini dapat anda kembangkan lagi dalam bentuk layout baru yang tentu sesuai dan mengakomodasi kebutuhan anda dan keluarga.
Perkiraan biaya untuk membangun rumah tipe 36 adalah sebesar: 1,5 juta/m2 dan estimasi biaya produksi total untuk rumah seluas 36 m2 adalah sebesar: 55 s/d 60 juta rupiah. Tentunya perkiraan/taksiran biayanya harus disesuaikan dengan upah pekerja dan harga material dikota anda, dan biaya diatas tidak termasuk harga tanah (hanya harga/biaya produksi rumahnya saja).

Desain Rumah Tipe 36 yang sederhana

Desain Rumah Type 36 ini terbilang dalam kelompok rumah type sederhana atau mungil.  Biasanya, desain rumah type 36 ini tidak banyak menawarkan banyak ruang, hanya terdiri dari dua kamar tidur, ruang tamu, dapur dan kamar mandi. Cocok untuk pasangan baru yang masih tinggal berdua atau untuk tinggal seorang diri. Karena tipe 36 ini tergolong tipe rumah mungil, harus pintar-pintar lah kita dalam menata interior di dalam rumah agar memberi kesan luas dan tidak sempit dalam rumah, seperti memperbanyak kaca di dinding, menggunakan sekat tipis untuk memisahkan ruangan satu dengan lainnya, dan hindari berbagai macam perabotan yang tidak perlu seperti terlalu banyak pernak-pernik dan pajangan akan membuat ruangan terlihat lebih sempit. Memilih warna cerah untuk mengecat rumah tipe 36 juga alangkah bagusnya karena warna cerah memberi kesan lebar dan luas.
Untuk mencapai kenyamanan penghuni di dalamnya, beberapa aspek penting yang perlu di perhatikan dalam pembangunan rumah mungil adalah :
·         Penghawaan, mencakup jalur sirkulasi udara, ventilasi ( cross ventilation apabila memungkinkan ).
·         Tata ruang dalam, mencakup penataan furniture, desain furniture, dan penggunaan warnanya.
·         Pencahayaan, mencakup jalur ventilasi untuk menyinaran natural ( natural light ), penggunaan warna, dan penempatan titik lampu.
Desain Rumah Tipe 36 saat ini menjadi pilihan terbanyak bagi masyarakat kebanyakan selain hemat lahan, anggaran pembangunan rumah tipe ini pun tidak terlalu membebani si pemilik rumah karena luas bangunan tidak terlalu berlebihan, serta lebih mudah dalam perawatan karena tergolong rumah mungil. Pemanfaat ruang lah yang harus kita perhatikan dalam memilih tipe 36 sebagai rumah tinggal karena dengan memanfaatkan beberapa ruang yang harusnya hanya berfungsi tunggal menjadi multifungsi sehingga kita tidak memerlukan begitu banyak ruang tambahan untuk masing-masing aktivitas. Contohnya, ruang tamu yang sepi bisa kita manfaatkan menjadi ruang baca agar ruangan terpakai dengan maksimal dan tidak hanya untuk tamu saja yang hanya datang sesekali. Atau kita bisa menggabungkan ruang belajar anak dengan ruangan kerja kita agar tercipta kedekatan antar anggota keluarga.
Begitu banyak tips dan informasi yang anda dapatkan dari keterangan diatas tentang rumah tipe 36. Selalu pastikan anda dapat mempelajari dan memahaminya serta membuat pilihan tepat dalam mendesain rumah mungil impian anda agar tidak menyesal dikemudian hari  dengan menggunakan Desain Rumah Tipe 36.